Dinamika dalam Kerja sama Tim



Tak dapat dimungkiri untuk mencapai suatu tujuan dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup tidak akan terlepas dari saling bekerja sama.


Dalam kenyataannya sering kerja sama yang berlangsung mengalami berbagai kendala dan persoalan yang malahan dapat berakibat bubarnya kerjasama yang telah terjalin selama ini


Sementara masih banyak kerjasama yang langgeng dan bertahan lama, bila dicermati kondisi yang terjadi tentu banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan kerjasama tersebut.


Salah satu yang dapat membangun Keberhasilan mewujudkan kerjasama diawali dengan kesepakatan bersama dan masing pihak saling berkomitmen, memiliki integritas dan loyalitas dalam melakukan peran masing-masing untuk mewujudan kesuksesan kerjasama sebagai harapan bersama.


Biasanya suatu kerjasama pula dituntut masing-masing pihak saling mempercayai satu sama lainnya, saling curiga diantara sesama sebaik tidak perlu ada.


Menurut Andrew Carnegie yang dikutip Kasman (2017) Mengatakan " Kerjasama tim ialah kemampuan bekerja sama mencapai visi bersama.Kemampuan mengarahkan kemampuan Individual terhadap tujuan organisasi. Kerjasama tim merupakan bahan bakar yang memungkinkan orang biasa mencapai hasil luar biasa"


Melalui pandangan tersebut, memberikan makna upaya mengoptimalkan masing-masing kemampuan individual akan mampu menghasilkan meraih sukses bersama untuk mewujudkan visi bersama.


Berkaitan dengan arti penting kerjasama tim tersebut, pada kelangsungannya hendaknya terdapat pula ukuran kerjasama tim tersebut untuk dijadikan acuan dalam penilaiannya.


Seorang ahli yang bernama West dalam tulisannya yang dikutip Hatta (2017) " Menetapkan indikator- indikator kerjasama tim sebagai alat ukurnya sebagai berikut : 1).Tanggung jawab,2).Saling berkontribusi, 3).Mengerahkan kemampuan secara maksimal"


Terdapatnya suasana kerjasama tim yang kadang-kadang ada dan dirasakan, kerjasama tim perlu untuk meraih kesuksesan sebagai harapan bersama.

Lebih baru Lebih lama