Komsos dan Patroli Tim 2 Koramil 02/BK

 

Pada hari Jumat, tanggal 11 Agustus 2023, Tim 2 Karhutla dari Koramil 02/BK wilayah Medang Kampai melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karlahut) di jalan Dahlia RT 05 kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.


Kegiatan ini dipimpin oleh Sertu Sareh, Patroli dilakukan untuk mengidentifikasi area yang berpotensi terjadi kebakaran dan melakukan pengawasan secara langsung.


Sosialisasi menjadi salah satu komponen penting dalam kegiatan ini. Sertu Sareh dan timnya memberikan penjelasan kepada masyarakat sekitar mengenai bahaya karlahut, penyebabnya, serta langkah-langkah pencegahannya. Dalam sosialisasi ini, masyarakat diingatkan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, terutama di musim kemarau.


"Wilayah yang menjadi fokus patroli dan sosialisasi ini merupakan area yang dinilai berpotensi terjadi karlahut. Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran, tim Karhutla terus bekerja sama dengan masyarakat dan aparat setempat," Jelasnya.


Sertu Sareh menyampaikan bahwa pentingnya kerja sama antara masyarakat dan aparat dalam mencegah karlahut. Ia mengharapkan agar masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, tidak membakar lahan, dan melaporkan jika ada indikasi karlahut.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan TNI dalam menjaga kelestarian hutan dan lahan serta menghindari bencana kebakaran yang dapat mengancam lingkungan, kesehatan, dan keamanan masyarakat. 


"Melalui patroli dan sosialisasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat tentang bahaya karlahut dapat meningkat, dan wilayah Medang Kampai tetap terhindar dari ancaman kebakaran hutan dan lahan," Tambah Sertu Sareh.

Lebih baru Lebih lama