Menjaga Lingkungan Dari Karhutla, Babinsa Koramil 06 Merbau Melaksanakan Patroli

 

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Darat, terutama Babinsa, guna mencegah potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. Patroli kali ini dipimpin oleh Serda Ansari dan Pratu Rahmad.


Dalam patroli kali ini, Serda Ansari tak hanya berfokus pada peninjauan wilayah, tetapi juga mengambil langkah lebih proaktif dengan mengajak masyarakat setempat untuk aktif melakukan patroli dan meningkatkan pengawasan terhadap kawasan rawan karhutla. Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan metode pembakaran yang berisiko memicu kebakaran hutan dan lahan yang sulit dikendalikan.


Kerja sama yang sinergis antara Babinsa dan aparat keamanan lainnya di wilayah menjadi kunci dalam upaya pencegahan karhutla. Babinsa secara aktif berkolaborasi dengan instansi terkait untuk memberikan himbauan dan mengedukasi masyarakat mengenai langkah-langkah pencegahan serta antisipasi saat menghadapi situasi kebakaran hutan dan lahan.


Kegiatan patroli dan komsos ini tidak hanya sebatas kampanye sadar lingkungan, tetapi juga diwujudkan dalam tindakan nyata. Kali ini, patroli dan komsos dilaksanakan di Desa Mayang Sari, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Wilayah ini menjadi fokus karena berada dalam binaan Koramil 06/Merbau.


Prajurit TNI yang terlibat dalam kegiatan ini berharap bahwa melalui patroli dan komsos yang konsisten, mereka dapat mencegah potensi terjadinya karhutla, khususnya di Desa Mayang Sari. 


"Dengan keterlibatan aktif masyarakat dan edukasi yang diberikan, diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah karhutla semakin meningkat," Ujarnya.


Dalam kondisi cuaca yang kian tidak menentu, upaya pencegahan karhutla menjadi tugas bersama. Patroli dan komsos yang rutin dilakukan oleh Babinsa menjadi salah satu langkah konkret untuk menjaga kelestarian alam dan mencegah dampak negatif dari kebakaran hutan dan lahan.

Lebih baru Lebih lama