Serda Ade Cek Langsung Kesehatan Hewan Ternak


Serda Ade D. Purba Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis turut gencarkan pengecekan Hewan ternak di Desa Pelantai Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Pengecekan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dapat mengancam kesehatan ternak dan mengganggu ekonomi peternak di wilayah tersebut.


Dalam pengecekan hewan ternak, Serda Ade D. Purba juga menyampaikan himbauan kepada warga untuk segera melapor jika mereka menemukan hewan ternak yang mengalami tanda-tanda penyakit PMK. Hal ini penting untuk mengisolasi dan mengatasi dini potensi penyebaran wabah tersebut, sehingga kerugian yang ditimbulkan bisa diminimalisir.


Babinsa mendatangi kandang kambing milik salah seorang warga guna memastikan ada atau tidaknya gejala maupun ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi wabah PMK. Dalam pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan adanya hewan ternak yang terjangkit PMK. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan yang telah dilakukan sebelumnya telah berhasil mencegah penyebaran lebih lanjut dari penyakit tersebut.


Serda Ade D. Purba menyatakan bahwa harapannya adalah dengan upaya pencegahan yang terus menerus, wabah PMK dapat ditangkal dengan baik, dan hewan ternak masyarakat tetap sehat dan produktif. Hal ini menjadi prioritas untuk menjaga keberlangsungan ekonomi peternak dan mencegah dampak sosial dan ekonomi yang lebih luas akibat penyebaran PMK.


Pelaksanaan kegiatan pengecekan hewan ternak berlangsung dengan tertib dan lancar. Masyarakat setempat menyambut baik kedatangan Babinsa Serda Ade D. Purba, menunjukkan kesadaran dan dukungan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan ternak serta kesiapan untuk bekerja sama dalam pencegahan wabah PMK.


Melalui langkah-langkah proaktif ini, diharapkan wilayah Desa Pelantai dan sekitarnya dapat tetap terhindar dari wabah PMK, dan peternak dapat terus melakukan aktivitasnya tanpa gangguan serius akibat penyakit ini. Pemerintah daerah juga diharapkan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pengawasan dan pendampingan dalam mencegah dan mengatasi potensi penyebaran penyakit pada hewan ternak. 


"Semua pihak harus tetap waspada dan bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kesehatan hewan ternak demi keberlangsungan ekonomi peternak dan kesejahteraan masyarakat," Kata Babinsa. 

Lebih baru Lebih lama