Tim Gabungan Babinsa, Manggala Agni dan MPA Melaksanakan Patroli


Babinsa Kelurahan Mundam dari Pos Ramil 02/MK, Koramil 02/BK, Sertu Ramli, bersama dengan regu Manggala Agni dan MPA Mundam, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi terkait pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). 


Kegiatan ini juga melibatkan pengecekan ketinggian air parit di Jalan Parit Tugu, RT 03, Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai pada Rabu, tanggal 30 Agustus 2023.


Selama patroli, Sertu Ramli dan timnya menyampaikan pesan penting kepada masyarakat agar tidak menggunakan metode pembakaran dalam membuka lahan. Pada kesempatan tersebut, mereka juga memberikan penjelasan mengenai sanksi-sanksi hukum yang akan diterapkan jika ada yang tertangkap melakukan pembakaran hutan dan lahan.


"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya Karhutla dan pentingnya pencegahannya," Katanya.


Sertu Ramli menjelaskan bahwa pencegahan adalah langkah utama dalam menghindari terjadinya kebakaran hutan yang berdampak luas.


Pengecekan ketinggian air parit juga merupakan bagian penting dari upaya pencegahan Karhutla. Dengan memastikan kecukupan air di parit, risiko kebakaran akibat keringnya vegetasi dapat diminimalisasi. Tim yang terlibat dalam patroli ini memastikan bahwa parit-parit di wilayah tersebut dalam kondisi optimal.


Dalam sosialisasi ini, masyarakat diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak buruk Karhutla terhadap lingkungan dan ekosistem. Sertu Ramli dan timnya berharap bahwa informasi yang diberikan dapat merubah pola pikir dan perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan.


Partisipasi Manggala Agni dan MPA Mundam dalam kegiatan ini menunjukkan kolaborasi yang erat antara aparat militer dan relawan dalam menjalankan upaya pencegahan Karhutla. 


Diharapkan upaya ini akan mampu menjaga kelestarian alam serta memberikan perlindungan bagi masyarakat dan lingkungan dari ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan. 

Lebih baru Lebih lama