Wujud Kepedulian Babinsa Kepada Masyarakat Terkait Pencegahan Karhutla


Dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis terus melaksanakan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) secara rutin. Kegiatan ini dilakukan guna menjaga lingkungan dan mencegah risiko terjadinya karhutla di Wilayah Koramil 06/Merbau.


Kali ini, patroli karhutla berlokasi di lahan bergambut kering Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti. Pelda A. Nababan dan Kopda Ricko, Babinsa Koramil 06/Merbau, bersama-sama dengan masyarakat setempat, melaksanakan patroli untuk memastikan tidak ada tanda-tanda atau potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.


Pelda A. Nababan menyampaikan bahwa dalam setiap pelaksanaan patroli karhutla, Babinsa selalu memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat yang ditemui selama patroli. 


"Himbauan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Desa Dedap, terutama di titik-titik yang rentan terhadap risiko karhutla," Ujar Pelda A Nababan.


Babinsa juga berfokus pada memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai dampak negatif dari pembakaran hutan dan lahan. Pelda A. Nababan menjelaskan bahwa tindakan tersebut tidak hanya merugikan lingkungan dan ekosistem, tetapi juga melanggar peraturan perundang-undangan. Membakar hutan dan lahan dapat berakibat serius, bahkan dapat dipidana.


Patroli dan komsos yang dilakukan Babinsa merupakan upaya konkret dalam menggugah kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dalam pencegahan karhutla. 


"Dengan memberikan informasi dan edukasi, diharapkan masyarakat akan lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah praktik-praktik yang dapat menyebabkan bencana kebakaran hutan dan lahan," Jelasnya.


Melalui upaya yang terus dilakukan oleh Babinsa, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan karhutla semakin meningkat. Dengan demikian, potensi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir, dan lingkungan alam tetap terjaga untuk generasi yang akan datang. 

Lebih baru Lebih lama