Koramil 06/Merbau Intensifkan Patroli Karhutla di Kepulauan Meranti

Babinsa Koramil 06/Merbau, Peltu Nababan dan Kopda Ricko Yuspranata, melaksanakan kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat di Desa Kudap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti. 


Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah binaan mereka.


Patroli dan komsos ini rutin dilakukan oleh Babinsa guna memastikan wilayah Koramil 06/Merbau bebas dari aksi pembakaran hutan dan lahan. 


“Kegiatan ini sangat penting untuk menjaga lingkungan kita tetap aman dan terbebas dari kebakaran,” ujar Peltu Nababan.


Dalam kegiatan tersebut, Peltu Nababan mengajak masyarakat untuk lebih sering melakukan patroli dan pengawasan ketat serta tidak membuka lahan dengan cara dibakar. 


“Kita harus bersama-sama menjaga alam kita. Jangan sampai ada yang membuka lahan dengan cara dibakar karena ini sangat berbahaya dan merugikan kita semua,” tegasnya.


Babinsa Koramil 06/Merbau juga bersinergi dengan aparat setempat untuk menghimbau dan mengajak masyarakat melakukan pencegahan serta antisipasi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan. 


“Kami rutin berkoordinasi dengan aparat desa dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan,” tambah Kopda Ricko Yuspranata.


Selain melakukan patroli, Babinsa juga gencar melakukan sosialisasi kepada warga agar bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah larangan membuka lahan dengan cara dibakar. 


“Kami terus mengedukasi warga tentang bahaya dan dampak buruk dari membakar lahan,” kata Peltu Nababan.


Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kudap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, yang berada dalam wilayah binaan Koramil 06/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis. Dengan adanya patroli dan komsos ini, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah karhutla.


“Kami berharap melalui kegiatan patroli ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, khususnya di Desa Kudap. Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan kita agar tetap asri dan bebas dari kebakaran,” pungkas Peltu Nababan.
 

Lebih baru Lebih lama