Babinsa Sertu Roni Sandra Bersama Security Pertamina Sosialisasikan Bahaya Pembangunan di Zona Pipa Minyak

Pada Minggu (08/09/2024), Babinsa Kelurahan Bagan Besar, Koramil 02/BK Kodim 0320/Dumai, Sertu Roni Sandra, bersama personel keamanan PT Pertamina melaksanakan patroli keamanan dan sosialisasi pengecekan pipa minyak di sepanjang Jl. Sukarno Hatta. 


Patroli ini dimulai dari Km 17 hingga Km 22, meliputi wilayah Kelurahan Bagan Besar hingga Kelurahan Bukit Kapur, Kecamatan Bukit Kapur, Dumai.


Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan keamanan pipa minyak Pertamina sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bahaya dan aturan terkait area pipa minyak. 


Dalam sosialisasinya, Sertu Roni Sandra menekankan pentingnya menjaga keselamatan di sekitar zona pipa. 


“Kami menghimbau warga agar tidak mendirikan bangunan di atas zona pipa, karena selain berbahaya, hal ini juga melanggar aturan yang berlaku,” ujar Roni.


Selain itu, masyarakat juga diingatkan tentang bahaya mengambil besi atau material milik Pertamina dari area pipa. 


"Kami juga mengingatkan agar tidak ada yang mencoba mengambil atau mencuri besi dari pipa minyak. Tindakan tersebut ilegal dan dapat berujung pada proses hukum," tegas Sertu Roni dalam sosialisasinya kepada warga di sepanjang rute patroli.


Patroli ini juga dimaksudkan untuk mencegah upaya ilegal yang berisiko seperti pengeboran pipa minyak secara sembarangan. 


"Bagi siapa pun yang mencoba mengebor atau merusak pipa minyak, kami pastikan akan berhadapan dengan hukum. Tindakan ini tidak hanya berbahaya bagi lingkungan, tetapi juga mengancam keselamatan banyak orang," tambah Roni Sandra.


Dalam kesempatan tersebut, Babinsa dan pihak keamanan Pertamina juga menghimbau masyarakat agar tidak membakar sampah di sekitar jalur pipa minyak. 


"Pembakaran sampah di atas jalur pipa bisa memicu kebakaran dan ledakan yang sangat berbahaya. Kami minta warga untuk lebih berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas ini di dekat area pipa," lanjutnya.


Menurut Sertu Roni, patroli ini merupakan bagian dari upaya penguatan Binter (Pembinaan Teritorial) bekerja sama dengan SKK Migas Sub Sektor Kodim 0320/Dumai. 


"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan objek vital nasional seperti pipa minyak Pertamina, dan kerjasama dengan SKK Migas ini merupakan bentuk sinergi TNI dengan perusahaan negara demi menjaga aset dan keamanan lingkungan," jelasnya.


Kegiatan patroli tersebut berlangsung dengan tertib, di mana warga yang ditemui di sepanjang rute patroli turut memberikan dukungan dan menerima sosialisasi dengan baik.
 

Lebih baru Lebih lama