Patroli Gabungan Babinsa dan Security: Antisipasi Bahaya Pipa Minyak di Dumai Selatan

Babinsa Koramil 01/Dumai, Serma Fahrizal Purba, bersama tim security dari PT PHR melaksanakan patroli pengamanan di jalur pipa minyak yang terletak di Kecamatan Dumai Selatan, Sabtu (21/9/2024). 


Patroli ini dilaksanakan dalam rangka penguatan Binter (Pembinaan Teritorial) bekerja sama dengan SKK Migas Sub Sektor Kodim 0320/Dumai untuk memastikan keamanan jalur pipa minyak dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat.


Kegiatan patroli dimulai dari Bukit Jin, Kelurahan Bukit Timah, dan menyusuri jalur pipa di Jalan Abdul Rabkhan, hingga ke Jalan Gatot Subroto KM 12, Kelurahan Mekar Sari. 


"Patroli ini bertujuan untuk memastikan keamanan pipa minyak yang bertekanan tinggi serta mencegah potensi bahaya bagi masyarakat di sekitar jalur pipa," ungkap Serma Fahrizal Purba.


Selain pengecekan fisik pipa minyak, Serma Fahrizal Purba juga memberikan sosialisasi kepada warga di sekitar Jalan Gatot Subroto. Dalam sosialisasinya, ia menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap bahaya pipa minyak bertekanan tinggi. 


"Masyarakat perlu memahami risiko yang ada jika terjadi kebocoran atau gangguan pada pipa. Tekanan tinggi pada pipa ini sangat berbahaya jika tidak diantisipasi," tambahnya.


Babinsa juga mengingatkan masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan aktivitas mencurigakan di sekitar jalur pipa. 


"Kerja sama masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan jalur pipa ini. Kami menghimbau agar masyarakat segera melaporkan jika ada potensi ancaman atau kerusakan pada pipa," jelasnya.


Patroli ini mendapat dukungan penuh dari SKK Migas dan pihak PT PHR, yang berkomitmen menjaga keamanan infrastruktur penting tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat sinergi antara TNI, perusahaan, dan masyarakat dalam menjaga keselamatan aset negara.


Kondisi sepanjang jalur pipa minyak pada patroli kali ini dinyatakan aman. 


"Hingga akhir patroli, tidak ditemukan adanya potensi gangguan atau kerusakan pada pipa. Kami akan terus melakukan patroli rutin untuk menjaga kondisi ini," ujar Serma Fahrizal Purba menutup pernyataannya.


Dengan adanya patroli rutin ini, diharapkan potensi risiko keamanan di sepanjang jalur pipa minyak dapat diminimalisir, dan masyarakat lebih memahami pentingnya menjaga keselamatan bersama.
 

Lebih baru Lebih lama